Beasiswa Sobat Bumi 2013 Dibuka!

Satu lagi beasiswa S1 yang banyak ditunggu. Beasiswa Sobat Bumi. Tahun 2013, beasiswa yang didanai Pertaminan Foundation ini hadir di sejumlah kampus di Indonesia. Jika IPK Anda di atas 3.00, kesempatan mencoba penawaran ini.

Beasiswa Sobat Bumi 2013 dimaksudkan untuk melahirkan calon pemimpin yang berwawasan dan memiliki kemampuan berwirausaha dari kalangan mahasiswa. Yang menarik, penerima beasiswa tidak dibatasi oleh curriculum studi yang sedang diambil.

Bantuan yang diterima, di antaranya penggantian biaya pendidikan setiap semester, bantuan biaya hidup setiap bulan, dukungan proyek kelompok melalui Pertaminan Foundation Scholars (PFS), dan dukungan untuk tugas akhir yang terseleksi dengan nominal Rp 10 juta.

Selain itu, Anda yang berhasil memperoleh Beasiswa Sobat Bumi juga berkesempatan menjadi sukarelawan di Pertamina Foundation, mengikuti pertemuan tahunan Pertaminan Foundation Scholars se-Indonesia, dan mengikuti pelatihan kepemimpinan (Sobat Bumi Leadership).

Kriteria Seleksi:
Curriculum Beasiswa Sobat Bumi Strata-1 ditujukan pada pelamar yang mempunyai kemampuan akademik dan mempunyai jiwa filantropis. Pelamar beasiswa diseleksi berdasarkan kreteria sebagai berikut:
1. Prestasi akademik dengan IPK lebih dari 3.01
2. Kepemimpinan dan keterlibatan dalam lingkungan/komunitas pegiat lingkungan dan pendidikan
3. Kepercayaan diri, kedewasaan dalam mengelola emosi, kemampuan beradaptasi
4. Potensi dan minat mencapai karir ke depan, termasuk potensi untuk maju
5. Idealisme dan Nasionalisme
6. Komitmen untuk mewujudkan sinergi antara kelestarian alam dan kemajuan bangsa.

Persyaratan Beasiswa Sobat Bumi
1. Persyaratan Umum
    a. Warga Negara Indonesia yang ditunjukan dengan dokumen yang relevan
    b. Sebagai mahasiswa/i aktif
    c. Mempunyai jiwa kepemimpinan y ang ditunjukkan dengan pengalaman memimpin sebuah organisasi atau lembaga yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan
    d. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan
    e. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum (schooling surat terlampir)
    f. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik (schooling surat terlampir)
    g. Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia (schooling surat terlampir)
    h. Menandatangani Surat Pernyataan tidak mendapat beasiswa dari sumber lain (schooling pernyataan terlampir)
    i. Memberikan surat keterangan (rekomendasi) dari tokoh masyarakat khususnya pengiat lingkungan dan pendidikan (schooling surat terlampir)
    j. Memberikan surat rekomendasi dari Perguruan Tinggi asal (schooling surat terlampir)
    k. Terdaftar aktif sebagai limb www.sobatbumi.com

2. Persyaratan Khusus

    a. Memahami dan menyetujui persyaratan dan ketentuan Beasiswa Sobat Bumi dan bersedia menjalani proses seleksi yang di selenggarakan Pertamina Foundation.
    b. Telah menyelesaikan atau dan sedang melaksanakan studi semester 4 di Perguruan Tinggi Mitra Pertamina Foundation.
    c. Usia maksimum bagi pelamar beasiswa pada saat penutupan pendaftaran adalah 23 Tahun.
    d. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimun adalah 3.01 pada skala 4.00
    e. Beasiswa hanya untuk kelas reguler, tidak berlaku untuk kelas ekstensi dan kelas Internasional serta Perguruan Tinggi di Luar Negeri

Pendaftaran dan Proses Seleksi
Pendaftaran curriculum Beasiswa Sobat Bumi dibuka 19 Juni 2013 hingga 19 Juli 2013.
Pendaftaran dilaksanakan secara online dengan mengisi isian aplikasi pada laman www.beasiswa-sobatbumi.com dan mengunggah kelengkapan dokumen-dokumen pendukung yang relevan.

Tahapan Seleksi

Pelamar mengisi formulir pendaftaran secara online pada laman www.beasiswa-sobatbumi.com, kemudian melengkapi semua persyaratan.

Pertamina Foundation akan melakukan validasi kelengkapan berkas pendaftaran berdasarakan daftar periksa (checklist) dan kecocokan persyaratan. Berkas yang dinyatakan lolos akan diikutsertakan seleksi substansi. Berkas yang lolos dan tidak lolos akan di informasikan melalui hurl by e-e-mail.

Pertamina Foundation akan melakukan pemeriksaan substansi untuk memilih dan menentukan peserta yang berhak lolos tahap wawancara. Pemeriksaan dilakukan oleh tim yang ditunjuk oleh Pertamina Foundation berdasarkan formulir pendaftaran dan berkas pendukung yang telah dinyatakan lolos seleksi administratif.

Berikutnya, peserta melaksanakan tes wawancara. Tim pewawancara terdiri dari tiga unsur yaitu perwakilan dari Pertamina Foundation, PT. Pertamina (Persero), Perguruan Tinggi setempat dan ancient pupils Pertamina Foundation Scholars.

Peserta yang lulus dan dinyatakan sebagai kandidat penerima Beasiswa Sobat Bumi tahun 2013 disampaikan melalui hurl by e-e-mail dan diumumkan di laman www.beasiswa-sobatbumi.com. Langkah pendaftaran dan panduan bisa dilihat di situs tersebut.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Telp (021) 722 3029 32 atau datang langsung ke Gedung Pertamina Foundation (R8), Jl. Sinabung II, Terusan Simprug Raya, Kawasan Pertamina Culture Centre, Simprug, Jakarta Selatan 12220.