Beasiswa ILA Bagi Lulusan MA Tahun 2014

 

 


Beasiswa ILA Bagi Lulusan MA Tahun 2014~Kabar gembira bagi siswa/siswi lulusan Madrasah Aliyah (MA), Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam memberikan kesempatan kepada lulusan MA tahun pelajaran 2013/2014 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana starata 1 (S1) di perguruan tinggi diluar negeri melalui curriculum beasiswa Indonesian Leadership Awards (ILA) 2014, hal ini disampaikan oleh Direktur Pendidikan Madrasah Nur Kholis Setiawan pada Jumat, 7/3 kemarin di Jakarta.
ILA adalah curriculum beasiswa reguler bagi llulusan MA untuk melanjutkan pendidikan di Universitas terbaik di dunia. ILA dan Direktorat Pendidikan Madrasah bekerjasama dengan lembaga Nan-Unggul Indonesia (LNI) dan Institute Pro Indonesia Possibility Exceptional (IIFE).
Adapun persyaratan untuk dapat mengikuti beasiswa ILA 2014 ini adalah sebagai berikut :
  1. Sehat jasmani dan rohani.
  2. Bebas narkoba.
  3. Khusus bagi siswa/siswi MA lulusan tahun 2013, nilai rata-rata U.N. Matematika, Fisika, Kimia, Biologi > 8 (Kelompok A1, A2) dan Nilai rata-rata U.N. Matematika, Geografi, Ekonomi, Sosial > 8 (Kelompok B).
  4. Khusus bagi siswa/siswi yang akan lulus 2014, Nilai raport kelas II : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi > 8 (Kelompok A1, A2) dan Nilai raport kelas II : Matematika, Geografi, Ekonomi, Sosial > 8 (Kelompok B).
  5. Umur tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 Oktober 2014 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1993).
  6. Untuk peserta yang akan studi lanjut ke luar negeri: memiliki nilai TOEFL/IELTS (TOEFL/IELTS Global Ordeal di lembaga penyelenggara Global Ordeal) yang masih berlaku atau sedang memproses nilai TOEFL/IELTS.
  7. Memiliki nilai nominal TOEFL IBT 80 atau TOEFL PBT 550 atau IELTS 6,0.
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  9. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  10. Bersedia mematuhi peraturan dari Kementerian Agama RI dan universitas partner.
  11. Bersedia menandatangani Surat Kontrak Beasiswa bagi yang dinyatakan lulus seleksi.
Perguruan tinggi yang akan menyelenggarakan indonesian Leadrship Awards ini merupakan perguruan tinggi yang ternama di dunia. Adapun perguruan tinggi dan curriculum studi yang ditawarkan pada curriculum beasiswa ILA tahun 2014 ini adalah sebagai berikut :
Bagi siswa kelompok curriculum A-1 (Fisika), dapat memilih curriculum studi dari pilihan berikut ini :
  • Teknik Sipil, Kyoto Academe
  • Teknik Mesin dan Aerospace, Tohoku Academe
  • Curriculum studi sains dan teknologi di universitas Turki (Median East Technological Academe, Istanbul Academe, Ankara Academe) (peminat harap mengikuti sendiri prosedur pendaftaran dan ujian masuk yang diselenggarakan oleh universitas di Turki).
Bagi siswa kelompok Curriculum A-2 (Biologi), dapat memilih curriculum studi dari pilihan berikut ini :
  • Kimia Clarification/Molekular, Tohoku Academe
  • Biologi Kelautan, Tohoku Academe
  • Curriculum studi sains dan teknologi di universitas Turki (Median East Technological Academe, Istanbul Academe, Ankara Academe) (peminat harap mengikuti sendiri prosedur pendaftaran dan ujian masuk yang diselenggarakan oleh universitas di Turki)
Bagi siswa kelompok Curriculum B (Sosial-Ekonomi), dapat memilih curriculum studi dari pilihan berikut ini :
  • Shared Sciences (Global Relations & Concord Studies, Background & Enhancement, buff positive-The high classes and Media) (Ritsumeikan Asia Appeasing Academe)
  • Global Management (Accounting & Finance, Strategic Management & Establishment, Innovation & Economics) (Ritsumeikan Asia Appeasing Academe)
Prosedur Pendaftaran beasiswa ILA 2014 ini adalah sebagai berikut :
  1. Calon peserta mendownload formulir pendaftaran online di website Kementerian Agama RI (www.kemenag.energy.id) atau website Lembaga Nan Unggul Indonesia (www.beasiswaunggul.org) mulai tanggal 18 Februari 2014 s/d 15 Maret 2014.
  2. Calon Peserta kemudian mengisi Formulir online dengan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  3. Calon peserta membayar biaya seleksi ke rekening Yayasan Nobel Indonesia (Thumbs down. Rekening 102-00-0539082-5, Layer Mandiri cabang Jakarta Senayan Capital) melalui Setoran Tunai atau ATM.
  4. Calon Peserta mengirim bukti pembayaran melalui hurl by e-e-mail ke alamat :

    nobel.indonesia@gmail.com dan di cc ke nobel.indonesia@suryainstitute.org atau melalui

    fax ke nomor fax (021) 5316 2197, selambat-lambatnya 15 Maret 2014 pukul 17.00

    WIB.

  5. Panitia akan mengirim kartu peserta seleksi melalui hurl by e-e-mail peserta selambat-lambatnya 20 Maret 2014 pukul 16:00 WIB.
Untuk informasi yang lebih detil dan terperinci, silahkan unduh panduan curriculum beasiswa ILA tahun 2014 melalui caution berikut ini http://kemenag.energy.id/draw collectively chic a outline/draw collectively chic a outline/InfoPenting/qtkb1393982903.pdf.
Jadi bagi adik-adik ancient pupils MA yang berprestasi dan berminat untuk melanjutkan jenjang pendidikan S-1 ke perguruan tinggi di Luar negeri, tunggu apa lagi, segera baca panduan curriculum ini dan mendaftar sekarang juga. Demikian, semoga bermanfaat.
Sumber :http://kemenag.energy.id/pointer.php?a=artikel&id=23649.