Beasiswa 2013 : beasiswa program studi S-2 (magister) dan S-3 (doktor) di dalam dan luar negeri

JAKARTA - Lagi nyari beasiswa S-2dan S-3? Pas nih buat kalian. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) lagi membuka pendaftaran curriculum beasiswa curriculum studi S-2 (magister) dan S-3 (doktor) di dalam dan luar negeri.

LPDP Kemenkeu juga membuka curriculum beasiswa tesis dan disertasi bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tesis atau disertasinya.

“Curriculum beasiswa ini menyasar Warga Negara Indonesia (WNI) yang punya kemampuan akademik dan kepemimpinan yang tinggi, serta lulus seleksi melaksanakan studi pada curriculum magister dan doktor,” demikian seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), Senin (18/3/2013).

Nantinya, curriculum beasiswa magister dan doktor LPDP meliputi bidang ilmu yang mendukung curriculum Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI), terdiri atas Teknik, Sains, Pertanian, Akuntansi dan Keuangan, Hukum, dan Agama. Berminat? Yuk cermati syaratnya.

1. Lulusan curriculum studi:
a. Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau lulusan perguruan tinggi kedinasan yang diakui oleh pemerintah Indonesia.

b. Perguruan Tinggi di luar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud).

2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) nominal 3,00 pada skala 4 untuk lulusan sarjana/qualification IV yang akan studi magister. Sedangkan lulusan Magister yang akan studi doktor harus memiliki IPK nominal 3,25 pada skala 4.

3. Kemampuan penguasaan bahasa Inggris pelamar, yang ditunjukan dengan dokumen yang masih berlaku, harus memenuhi skor TOEFL, atau yang setara, sekurang-kurangnya:
a. TOEFL ITP nominal 500 untuk studi pada curriculum magister/doktor di perguruan tinggi dalam negeri.
b. TOEFL PBT nominal 550 atau yang setara untuk studi pada curriculum magister/doktor di perguruan tinggi luar negeri dan/atau telah memiliki Epistle of Acceptance (LOA).
c. Untuk pelamar yang memilih curriculum studi magister atau doktor luar negeri yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar akademiknya, dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan berbahasa asing yang berlaku di perguruan tinggi tersebut.

4. Mendapatkan surat tugas belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.

5. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.

6. Memiliki surat keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.

7. Memilih curriculum studi dan/atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.

Pendaftaran Curriculum Beasiswa sudah dibuka Senin, 11 Maret dan akan ditutup pada Selasa, 30 April 2013. Pendaftaran dilaksanakan secara online dengan mengisi aplikasi pada laman: http://www.lpdp.depkeu.energy.id dan mengunggah dokumen pendukung yang relevan.

Persyaratan dan Informasi lebih lanjut mengenai curriculum beasiswa LPDP dapat dibaca selengkapnya pada http://www.beasiswalpdp.org atau http://www.lpdp.depkeu.energy.id.